Dunia Teknologi membahas seputar dunia teknologi komputer,gadget,laptop,internet

Thursday, May 28, 2015

Cara Mudah Mengganti Disk Drive Pada PC

Disk Drive merupakan salah satu bagian terpenting dari PC. Di sini adalah media untuk menyimpan semua data Anda, baik itu aplikasi yang terpasang maupun data media lainnya. Semakin Anda memiliki banyak data, maka semakin besar kapasitas Drive yang Anda butuhkan. Jika Anda dalam waktu dekat ini berencana untuk mengganti Drive Anda, maka ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda praktekkan di bawah ini.
§  Lakukan Back up file menggunakan software yang banyak tersedia di internet, beberapa di antaranya gratis. Ini dilakukan jika Drive lama Anda masih bekerja. Kecuali jika Drive Anda sudah rusak, maka tak ada lagi yang bisa Anda lakukan.
§  Pastikan Anda memiliki jenis drive untuk komputer Anda. Secara umum, Anda ingin mengganti drive asli Anda dengan drive yang sama untuk membuat proses lebih mudah dan sederhana. Maka pastikan Anda membeli Drive yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan PC Anda.
§  Buka case komputer Anda.
§  Cari lokasi hard Drive Sebagian besar komputer terkadang memiliki ruang yang acak-acakan di bagian dalam case komputernya. Identifikasi data dan konektor daya dan lepaskan mereka.
§  Pindahkan jumper pada drive pengganti untuk mencocokkan pengaturan aslinya. Anda akan diberikan pilihan kabel yang antara lain Master, Slave atau Cable. Jika Anda membeli Drive bertipe SATA, maka Anda tidak perlu mengatur jumper. Setelah Anda telah mencabut Drive lama Anda, lihat posisi jumper pada drive itu sendiri. Jika Anda tidak dapat melihat mereka, sebagian besar drive akan memiliki diagram pada label drive yang menggambarkan lokasi jumper. Pengaturan jumper akan mengatur posisi Drive sebagai Master, Slave atau Cable Select. Anda harus menyesuaikan pengaturan Drive baru dengan yang asli.
§  Pasang Drive dengan menggeser drive ke posisinya. Pastikan bahwa posisi Drive baru sama dengan Drive yang lama. Sambungkan kembali sekrup Drive dan sambungkan kembali kabel data dan listrik.
§  Jika Anda mengganti hard drive utama Anda, maka Anda perlu untuk menginstal ulang perangkat lunak Anda atau menggunakan recovery disks. Menginstal sistem operasi seperti Windows, Mac OS atau Linux mungkin diperlukan jika Anda tidak memiliki recovery disk.

Cara di atas bisa Anda jadikan acuan jika dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk mengganti hard Drive Anda.

No comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Popular Posts

seputardunia-teknologi.blogspot.com. Powered by Blogger.